Sabtu, 11 Juni 2016

PROSEDUR BAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI SAMSAT CINERE


Sekedar berbagi untuk anda yang akan membayar pajak pada Samsat Cinere, ternyata dibandingkan dengan tahun lalu prosedur saat ini lebih simple dan cepat, tidak seperti tahun lalu sebelum ke bagian pendaftaran kita harus mengisi formulir data isian kendaraan terlebih dahulu baru ke bagian pendaftaran agak ribet juga. Nah pas kebetulan saya bayar pajak yang jatuh temponya tanggal 15 Juni 2016 yang berarti tinggal beberapa hari lagi mau ga mau harus segera deh daripada nanti kena denda. Setelah tiba dikantor Samsat Cinere  pukul 08.15 langsung menuju tempat foto copy, setelah foto copy dokumen yang diperlukan (BPKB,STNK dan KTP) langsung menuju ruang pembayaran, ketika akan masuk kedalam oleh resepsionis saya diberikan name tag menggunakan tali lingkar yang bertuliskan wajib pajak. 

Setelah itu baru masuk, jadi ga pake calo-caloan “SAY NO  TO CALO” langsung masuk aja ga usah pake calo, udah ga zaman pake calo, karena saat ini pelayanan samsat sudah BAIK/MEMUASKAN.

Oh iya untuk wilayah Prov. Banten dan Prov. DKI Jakarta juga bisa bayar disini (samsat cinere), atau kalau mau sambil berbelanja dan mengajak putra putri sambil bermain juga bisa bayar di gerai samsat yang ada di Lt.2 ITC Depok. wah pengeluaran bisa tambah banyak dong…Oke biar ga kelamaan berikut prosedur yang harus dilalui :
  1. Siapkan foto copy BPKB, STNK dan KTP pemilik kendaraan ; untuk foto copy ketiga dokumen tersebut bisa di lakukan di lingkungan kantor samsat, letaknya ada disebelah kanan dan kiri gedung samsat cinere, dengan harga foto copy Rp. 5.000,- (lima ribu) rupiah sudah termasuk map dan plastik untuk STNK.
  2. Setelah foto copy ketiga dokumen tersebut anda bisa langsung bawa menuju tempat/ruang pembayaran pajak, nah pas sampai depan/pintu masuk oleh resepsionis anda akan diberikan tanda pengenal sebagai wajib pajak.
  3. Kemudian anda masuk kedalam menuju loket customer service dan menyerahkan map yang berisi foto copy ketiga dokumen (BPKB,STNK dan KTP),
    tempat pemeriksaan berkas pertama
    tempat cek pajak  progrsip
    setelah pengimputan data oleh customer service selesai anda akan diarahkan ke loket cek pajak progresif.


    4. Serahkan dokumen/map anda ke petugas yang ada di loket cek pajak progresif, selanjutnya anda silahkan tunggu dikursi di depan loket pendaftaran  dan tinggal menunggu panggilan dari petugas yang ada di loket pendaftaran.
loket pendaftaran



















menunggu panggilan dari loket pendaftaran


















5. Sambil menunggu panggilan dari petugas yang ada di loket pendaftaran anda bisa browsing internet baca berita atau bermain game di handphone/gaget anda, sabar ya.........Setelah anda dipanggil dibagian pendaftaran, KTP asli anda akan dikembalikan dan anda akan diminta menuju dan menunggu di loket penyerahan (pembayaran).


tempat pembayaran (kasir), tunggu panggilan mas bro....



6. selanjutnya anda akan dipanggil petugas pada loket penyerahan (pembayaran) dan akan diberitahu  berapa pajak yang harus anda bayar, setelah anda membayar anda selanjutnya menunggu di loket pencetakan/pengesahan atau loket penyerahan STNK & TNKB.

  
pengambilan STNK yang sudah jadi, tunggu di panggil ya bro...
  7. Selanjutnya setelah STNK jadi anda akan dipanggil oleh petugas untuk mengambil STNK yang menandakan kalau proses perpanjangan dan pengesahan STNK anda telah selesai.  

Waktu yang diperlukan dari proses pendaftaran hingga STNK jadi hanya memakan waktu + 1 Jam SELESAI.

Jika ingin lebih cepat anda bisa datang lebih pagi. Bagi Ibu-Ibu yang sedang menyusui di Samsat Cinere juga telah disediakan ruang untuk menyusui.

Berikut waktu pelayanan di Samsat Cinere - Depok

      Tenang deh kalau dah bayar pajak “orang bijak taat pajak”.

Ssemoga bermanfaat.....

2 komentar:

  1. klo mau bayar pajak jkt utara bisa di samsat cinere ya bang?

    BalasHapus
  2. Bayar pajak mobil plat DKI di samsat cinere bisa ga bang..?

    BalasHapus