Sabtu, 21 September 2019

Do’a Setelah Sholat Fardhu Zuhur

Berikut do’a pilihan yang biasa saya baca setelah shlolat fardhu zuhur,  do’a bisa ditambah dan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Jika terdapat kesalahan mohon dapat disempurnakan. Semoga bermanfaat.

Astaghfirulloohal ‘adzhiim 3x
Aku mohon ampun kepada Alloh Yang Maha Agung

Bismillaahirrohmaanirroohiim
Denan menyebut nama Alloh Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin
Segala puji bagi Alloh Tuhan Semesta Alam

Hamdasyaakiriin, Hamdan naa ‘imiin, Hamdan yuaafi ni’amahu wayukaafi’u majiidah
Sebagaimana orang-orang yang bersyukur, dan orang yang memperoleh nikmat sama memuji, dengan puji yang sebanding  denan nikmatnya dan menjamin tambahnya.

Yaa Robbanaa lakal hamdu kamaa yanbagii lijalaali wajhika wa’adziimi sulthoonik
Ya Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji sebagaimana apa yang patut bagi keluhuran dzat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu

Allohumma solli ‘alaa sayyidinaa Muhammad wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad
Ya Alloh berilah rahmat dan keselamatan atas penghulu kita Nabi Muhammad dan Keluarganya


Alloohumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiin, wa ‘aafiyatan fil jasadi, wajiyaadatan fil ilmi,  wabarokatan fir rizki, wataubatan  qoblal maut, warohmatan ‘indal maut, wamaghfirotan ba’dal maut, Alloohumma hawwin ‘alainaa fii sakarootil maut,
wan najaata minannaar, wal afwa ‘indal hisaab, Robbanaa laa tujig quluubanaa ba’da idz hadaytanaa wahab lanaa mil ladunka rohmatan innaka antal wahhaab.
Ya Alloh aku mohon kepada Engkau keselamatan dalam agama, keselamatan dalam tubuh, bertambah ilmu, keberkahan dalam rezeki, tobat sebelum mati, rahmat ketika mati, dan ampunan sesudah mati, Ya Tuhanku mudahkanlah hamba dalam menghadapi kematian dan selamatkan hamba dari siksa api neraka, dan ampunilah hamba di hari perhitungan.
Ya Allah janganlah Engkau goncangkan hati kami setelah mendapat petunjuk, berilah kami rahmat dari sisi Engkau, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.

Alloohumma inni a’uudzubika minal hammi wal hajan, wal ‘ajli wal kasal, wal zubni wal harom, wal bukhli, wa’a ‘udzubika min ‘adzaabil qobri, wa’a ‘uudzubika min fitnatil mahyaa wal mamaati, wadhola’id dain, wagolabatir rijaal
Ya Alloh aku belindung kepada-Mu dari keluh kesah dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan dan penakut dan tua pikun (kejelekan diwaktu tua), dan sifat bakhil (pelit), dan aku berlindung Kepada-Mu dari siksa kubur, dan berlindung kepada-Mu dari godaan hidup dan ujian mati, dan keberatan/lilitan hutang, dan ejekan orang/ penindasan.

Alloohumma nawwir quluubanaa
binuuril hidaayatik, kamaa nawwartal ardho binuuri syamsika abada abada birohmatika ya arhamarroohimiin
Ya Alloh terangilah hati kami dengan cahaya petunjuk-Mu, sebagaimana Engkau menerangi bumi dengan matahari-Mu selama-lamanya sesungguhnya Engkau Maha Mengasihi

Alloohummaj ‘alnii,  wa’awlaadii wadzurriyyatii, min ahlil Ilmi, wa ahlil khoiri, walaa taj’alnii wa’iyyaahum min ahlis suu’i wa ahliddoir, warzuqnii wa’iyyaahum ‘llman naa fi’an warizqon waa si’an, wa khuluqon hasanan wattawfiiqo litthoo‘ati wafahman nabiyyiin.
Ya Alloh jadikanlah aku, anak-anakku dan keluargaku termasuk dari golongan orang yang berilmu, dan golongan orang baik, dan janganlah Engkau jadikan aku dan mereka dari golongan orang jahat, dan orang yang membuat mudhorot, berilah rizki kepadaku dan kepada mereka berupa ilmu yang bermanfaat, rizki yang lapang, budi pekerti yang baik, pertolongan  untuk taat, kepahaman para nabi.

Alloohumma mushorrifal quluub, shorrif quluubanaa ‘alaa thoo ‘atiq, yaa muqollibal quluuub, tsabbit qolbii ‘alaa diinik.
Ya Alloh dzat yang mengubah ubah hati, ubahlah hati kami untuk selalu taat kepada-Mu, wahai dzat yang membolak balikkan hati, teguhkanlah hatiku untuk selalu berada di atas agama-Mu


Robbana dzolamna anfusana waillam taghfirlana watarhamna lanakuunanna minal khoosirin
Ya Tuhan kami, kami telah  mendholimi diri kami sendiri, jika tidak engkau ampuni kami dan merahmati kami tentulah kami menjadi orang yang rugi  ;  Al-A`raf ayat 23

Robbana laa tu’akhijnaa in nasiina aw akhthonaa, Robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishron kamaa hamaltahu ‘alal ladziina min qoblinaa
Robbanaa walaa tuhammilnaa maalaa thooqotalanaabih wa’fu anna waghfir lanaa war hamnaa anta maulaana fanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin.
Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau salah, Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan atas diri kami beban yang berat sebagaimana yang pernah Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami,dan rahmatilah kami, Engkaulah penolong kami maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.


Robbanaa hab lana min azwaajina wa dzurriyatinaa qurrota a’yun, waj’alna lilmuttaqiina imaamaa
Ya Rab kami, karuniakanlah pada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah pula kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa.; Al Furqon:74

Robbanaa aatina fiddunyaa hasanah  wafil aakhiroti hasanataw  waqinaa azaabannar.
Ya Alloh, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kesejahteraan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksaan api neraka

Wa shollolloohu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shohbihii wa sallam
Dan keselamatan dan rahmat Alloh semoga tetap tercurahkan kepada Baginda Muhammad saw beserta seluruh keluarganya dan para sahabatnya.

Subhana robbika robbil ‘izzati ‘amma yasifuun wasalaamun alal mursaliina walhamdulillahi robbil ‘alamiin
Maha Suci Engkau, Tuhan segala kemuliaan, suci dari segala apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir. Semoga kesejahteraan atas para Rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam

Aamiin
Kabulkanlah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar