Rabu, 02 April 2014

BACAAN SHOLAT JENAZAH

1.     NIAT SHOLAT JENAZAH

Niat Sholat jenazah untuk mayit laki-laki :

Usolli alaa Haadjal Mayyiti Arba’a Takbirootin Fardo kifaayati Lillahi Ta’alaa
Artinya : Aku niat mensholati mayit ini dengan 4 (empat) kali takbir fardu kifayah karena Allah Taala.

Niat Sholat jenazah untuk mayit perempuan :
Usolli Alaa Haadjihil Mayyitati Arba’a Takbirootin Fardol Kifaayati Lillahi Ta’alaa
Artinya : Aku niat mensholati mayit ini dengan 4 (empat) kali takbir fardu kifayah karena Allah Taala.

2. TAKBIR PERTAMA, Membaca Ta’audz (Audzubillahiminassyaitoonirrodjiim) dan membaca surat Al-Fatihah
3.       TAKBIR KEDUA,  Membaca Sholawat Nabi, sekurang-kurangnya membaca :
Allohumma Solli Alaa Sayyidinaa Muhammad Wa alaa Aali Sayyidinaa Muhammad.

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya Nabi Muhammad.

Sholawat yang lebih utama :

“Allohumma Solli Alaa Sayyidinaa Muhammad Wa alaa Aali Sayyidinaa Muhammad, Kamaa Sollayta alaa Ibroohiim wa alaa Aali Ibroohiim, wabaarik alaa Muhammad wa alaa Aali Muhammad, Kamaa Baarokta alaa Ibroohiim wa alaa Aali Ibroohiim, Fil aalamiina innaka hamiidummadziid.”

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau limpahkan rahmat atas Nabi Ibrahim dan keluarganya, limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad beserta keluarganya, sebagaimana Engkau limpahkan berkah atas Nabi Ibrahim dan keluarganya, diseluruh alam semesta, Engkaulah yang Maha Terpuji lagi Maha Mulia.

4.       TAKBIR KETIGA, Membaca doa untuk mayit :
Doa pendek untuk mayit laki-laki :
“Allohummagfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu anhu wa’akrim nujulahu wawas’si madkholahu”.

Artinya : Ya Allah ampunilah dia, berilah dia rahmat, sejahterakan dia dan maafkahlah, mulyakan tempatnya dan luaskan tempat diamnya”.

Doa yang lebih sempurna :

“Allohummagfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu anhu wa’akrim nujulahu wawas’si madkholahu, waghsilhu bil maa’I watsalji wal barod wanaqqihii minal khotooyaa kamaa yunaqqotsawbul abyadu minaddanas wa’abdilhu daaroo khoiron min daarihii wa’ahlan khoiron min ahlihi wajawjan khoiron min jawjihii waqihii fitnatalqobri wa’adjaabannaar”.

Artinya : Ya Allah ampunilah dia, berilah dia rahmat, sejahterakan dia dan maafkahlah, mulyakan tempatnya dan luaskan tempat diamnya, bersihkanlah ia dari dosa sebagaimana kain putih dibersihkan dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada rumahnya yang dahulu, demikian juga ahli keluarganya dan pasangannya yang lebih baik daripada ahli keluarganya dan pasangannya yang  dahulu, hindarkanlah dia dari siksa kubur dan azab api neraka.

Untuk doa mayit perempuan baik yang pendek atau yang sempurna pada dasarnya sama, hanya saja pada saat membacanya lafadz HU misalnya WAR HAMHU untuk mayit laki-laki, dan untuk mayit perempuan diganti WAR HAMHA. Jadi HU untuk mayit laki-laki dan HA untuk mayit perempuan.

Sedangkan doa untuk mayit anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan sebagai berikut :
“Allohummaj alhu Faroton li’aba wayhi wasalafan wadzukhron wa’idzotan wa’tibaaron wasyafiy’an watsaqqil bihi mawaa dziinahumaa wa’afrighis sobro alaa quluubihimaa walaa taftinhumaa ba’dahuu walaa tahrimhumaa ajrohu”.

Artinya : Ya Allah, jadikanlah ia sebagai simpanan kedua orang tuanya, sebagai titipan dan kebaikan yang di pertamakan, sebagai peringatan dan syafaat (pertolongan) untuk kedua orang tuanya, beratkanlah timbangan amal kedua orang tuanya, teguhkan kesabaran hati kedua orang tuanya, dan janganlah dijadikan fitnah untuk kedua orang tuanya sepeninggal dia, dan janganlah Engkau menghalangi pahala keduanya”.

5.       TAKBIR KEEMPAT, Membaca doa :
Doa yang pendek untuk mayit laki-laki “
“Allohumma laa tahrimnaa ajrohuu walaa taftinna ba’dahuu waghfirlanaa walahu”.
Artinya : Ya Allah, janganlah engkau halangi pahalanya yang akan sampai kepada kami, dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, serta ampunilah kami dan dia”.

Doa  yang lebih sempurna untuk mayit laki-laki :
“Allohumma laa tahrimnaa ajrohuu walaa taftinna ba’dahuu waghfirlanaa walahu wali’ikhwaaninalladzinaa sabaquunaa bil iymaan walaa taj’al fii quluubinaa gillalladziina aamanuu robbanaa innaka ro’ufurrohiim.
Artinya : Ya Allah, janganlah engkau halangi pahalanya yang akan sampai kepada kami, dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, serta ampunilah kami dan dia, bagi saudara-saudara kami yang telah mendahului kami dengan iman, dan janganlah Engkau jadikan gelisah dalam hati kami dan bagi orang-orang yang beriman, wahai Tuham kami, sesungguhnya Engkaulah Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”.

Doa untuk mayit perempuan sama, hanya saja lafadz HU diganti dengan HA

6.    TERAKHIR UCAPKAN SALAM, “Assalaamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh”. Artinya : semoga keselamatan dan rahmat Allah semoga  tetap pada kita sekalian”. sebagaimana salam dalam sholat, memalingkan muka ke kanan lalu kekiri “

7.   KEMUDIAN SELESAI SALAM, LANGSUNG MEMBACA DOA “Allohumma bihaqqil faatihah, I’tiq riqoobanaa wariqooba haadjaal mayyiti (untuk perempuan haadjihi mayyitati) minannaar 3x. Allohumma anjilirrohmata wal maghfiroti alal mayyiti waj’al qobrohuu rowdoh minaldzannah walaa taj’alhu lahu hufrotan minan niiroon, wasolollohu alaa khoiri kholqihi sayyidinaa Muhammadin wa’aalihi wasohbihii adzma’iin, walhamdulillahirobbil aalamiin”.

Artinya :Ya Allah, demi kebenarannya surat Al Fatihah, bebaskanlah dosa-dosa kami dan dosa-dosa mayit ini dari siksa api neraka. Ya Allah, turunkanlah rahmat dan pengampunan untuk mayit, jadikanlah kuburannya seperti taman dari surge, dan janganlah Engkau menjadikan kuburannya seperti kubangan dari neraka. Dan kesejahteraan tetap tercurah kepada sebagus-bagusnya makhluk junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Kepada keluarganya, para sahabatnya semua. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan yang Menguasai segala alam.

Selesai…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar