Rabu, 18 Februari 2015

INTEGRITAS DAN KEJUJURAN


Kata integritas dan kejujuran yang sering didengar maupun dibaca merupakan kata yang banyak orang mengartikan sebagai kata yang mempunyai arti yang sama. Ada sebagian yang mengatakan bahwa integritas adalah “jujur atau kejujuran” dan sebagian lain mengatakan bahwa integritas lebih luas dari sekedar jujur.  Lalu apa sesungguhnya yang dimaksud dengan integritas dan kejujuran. “Integritas” diartikan sebagai kejujuran, mutu, sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki kemampuan yang memancarkan kewibawaan. sedangkan kejujuran dari asal kata “Jujur” yang berarti dapat dipercaya, tidak bohong, lurus hati, berkata apa adanya, tidak curang, tulus, ikhlas.  “Kejujuran” diartikan sebagai sifat jujur, keadaan jujur. Sedangkan ulama mengartikan kata “jujur” dengan makna kesesuaian antara apa yang disampaikan dan fakta atau sejajarnya antara yang zhair dan bathin, yang rahasia dan yang terang-terangan. Ada juga yang mengatakan bahwa jujur artinya apa yang dikatakan sesuai dengan apa yang ada didalam hati. Kejujuran adalah pilar utama keimanan, kesempurnaan kemuliaan, saudara keadilan, roh pembicaraan, lisan kebenaran, sebaik-baik ucapan, hiasan perkataan, sebenar-benarnya pembicaraan, kebaikan segala sesuatu.
Dari pengertian Integritas dan Kejujuran diatas sesungguhnya baik integritas maupun kejujuran merupakan pokok
dari segala sesuatu. Namun pada kenyataannya dalam dunia kerja terutama dilingkungan pemerintahan banyak yang berpendapat dan mengartikan bahwa integritas lebih luas dari sekedar jujur atau kejujuran. Hal itu sah-sah saja karena memang antara integritas dan kejujuran dua kata yang berbeda namun tipis makna. Seperti dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dalam Pasal 5 ayat (2) bahwa kode etik dan kode perilaku sebagaimana dimaksud ayat (1) berisi pengaturan perilaku agar pegawai ASN ; huruf  a. melaksanakan tugasnya dengan jujur, bertanggung jawab dan berintegritas tinggi. Begitu juga dalam Pasal 23 tentang kewajiban ASN antara lain pada huruf  e. yaitu melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran, dan tanggung jawab; sedangkan pada huruf f. yaitu menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku.....ini menunjukkan bahwa kata integritas dan kejujuran mempunyai makna yang berbeda.
Lawan kata dari jujur/kejujuran adalah dusta. “Dusta” diartikan tidak benar, bohong. “Berdusta” berarti melakukan kebohongan, curang, tidak dapat dipercaya. Sedangkan lawan kata dari Integritas adalah “Hipokrit” yang berarti munafik, “munafik”  sendiri berarti  bermuka dua, orang yang perkataannya berbeda dengan isi hatinya, orang yang suka bohong. ini menunjukkan bahwa antara integritas dan kejujuran merupakan sebuah kata yang masuk dalam satu lingkaran.
Terlepas dari perbedaan pandangan atau pendapat tentang arti integritas dan kejujuran, apakah integritas itu sama dengan kejujuran atau berbeda yang pasti keduanya merupakan pokok dari sesuatu yang mendatangkan segala kebaikan bagi pelakunya. Seseorang yang berlaku jujur berarti telah menjaga kehormatan dirinya dan menumbuhkan rasa tenang dan kesatria, memunculkan kewibawaan serta kepercayaan dari orang lain. Seseorang yang berintegritas akan terbentuk dari perkataan yang sesuai dengan perbuatan yang dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Sedangkan dusta/hipokrit akan membawa pelakunya kepada keburukan seperti hatinya selalu cemas, minder, gugup, pesimimistis dan dapat berpengaruh buruk pula terhadap kehidupan keluarganya.
Sebagai orang yang beragama tentu harus mempunyai kepribadian yang baik, berani karena benar takut karena salah, berani mengatakan yang hak itu hak dan yang bathil itu bathil, dengan senantiasa jujur dalam perkataan/perbuatan, ikhlas dalam perbuatan. Kalau ini sudah tertanam dalam diri seseorang maka barulah orang tersebut berintergitas.



Pustaka :

Kamus Terbaru Bahasa Indonesia dilengkapi dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), Reality Publisher, Tim Reality, 2008.

Khailil Al-Musawi, Surga Kalbu, Penerbit Lentera, Jakarta, 2006.

Majalah Al Kisah No.07.24 Mar-6 APR 2006 “Kejujuran dan Surat Nabi Kepada Heraclius”

2 komentar:

  1. integritas adalah kejujuran dalam suatu hal yang di lakukan baik pekerjaan maupun non pekerjaan

    BalasHapus
  2. kejujuran pangkal kesuksesan

    BalasHapus