Kamis, 22 Maret 2012

RESEP UMPAN IKAN MAS "MURAH DAN JITU"


Bagi sebagian orang memancing merupakan hiburan yang sangat menyenangkan, ada juga yang bilang  olah raga, iseng-iseng, melatih kesabaran, tapi ada juga loh...yang tidak suka memancing, namun bagi yang mau coba-coba untuk memancing saya akan berikan tips untuk anda yang mencoba nya, nah yang pertama anda lakukan adalah jangan lupa untuk membeli alat pancing terlebih dahulu, untuk memudahkan anda dalam memilih alat pancing baiknya anda mengajak teman atau rekan anda yang sudah lebih dulu tau atau mengerti tentang alat-alat untuk memancing, hal ini agar memudahkan anda pada saat anda membeli alat pancing sehingga tidak bingung untuk memilihnya, dan minta saran teman anda untuk memilihkan alat pancing yang bagus, alat pancing biasanya terdiri dari : Joran (tongkat pancing) yang berfungsi untuk melempar alat pancing/umpan/kail kedalam kolam, Reel yang berfungsi untuk menggulung benang, Senar/Benang berfungsi sebagai alat untuk mengikat kail, Pelampung yang berfungsi sebagai tanda jika umpan dimakan ikan, Stopper Pelampung berbentuk karet bulat kecil yang berfungsi untuk mengetahui kedalaman air serta menahan pelampung untuk bagian atas dan bawah pelampung, Kili-Kili/Swivel berfungsi untuk mengurangi kekusutan atau pelintiran tali senar dan mempermudah simpul.  Umumnya swivel ditempatkan diantara tali senar dan umpan.Kail dan Umpan berfungsi agar pada saat ikan makan maka ikannya akan tersangkut, tanpa kail jangan harap anda dapat ikannya, Lap/Serbet berfungsi untuk memegang/membantu pada saat melepaskan ikan dari kail agar tidak licin/lepas, Tas Pancing berfungsi untuk menyimpan semua alat pancing diatas agar memudahkan anda membawanya, Nah ini semua merupakan alat pancing yang semua penting anda miliki.


Saat anda memancing jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang agak tertutup seperti, baju lengan panjang, celana panjang, topi, jika  perlu bawa perbekalan untuk anda makan siang dan air minum, biasanya kalau beli di tempat pemancingan harganya MAHAL, hal ini untuk menghemat pengeluaran anda,  tapi kalu anda mempunyai uang banyak dan tidak mau repot dengan perbekalan silahkan beli di tempat pemancingan, anda akan dilayani dengan senang hati oleh penjualnya.......... 

Berikut saya sampaikan kiat untuk memancing ikan mas, memancing pada dasarnya mencari ikan dengan menggunakan alat berupa rangkaian alat pancing, memang tidak semudah yang kita bayangkan bagi anda yang baru memulai/mencoba mancing diperlukan kesabaran yang tinggi sebab menunggu umpan dimakan terkadang begitu lama sampai bisa membosankan, nah biasanya ini dipengaruhi oleh umpan yang anda buat disukai atau tidak disukai oleh sang ikan, biasanya umpan dibuat dengan aroma yang berbau amis dan wangi, tinggal anda sesuaikan kondisi air dan ikan dimana tempat anda memancing,  memang untukk memancing ikan, terutama ikan mas tidak ada umpan yang manjur, hanya tinggal tergantung milik alias rizki anda saat itu (tapi usaha anda dalam membuat umpan sangat membantu apakah ikan suka atau tidak dengan umpan yang anda buat), ada juga yang bilang kalau lagi hoqi anda bisa dapat ikan banyak tapi kalau lagi apes sampai sorepun anda tidak akan dapat, yang biasa suka memancing bilangnya MUTIH. 

Untuk memancing,  perilaku makan ikan biasanaya sangat dipengaruhi oleh karakteristik dari kolam, misalnya derajat keasaman air, suhu air, warna air, sirkulasi air, kedalaman kolam. Tidak kecuali dengan umpan, umpan juga sangat berpengaruh terhadap selera ikan. Pada umumnya  ikan mas suka dengan umpan yang berbentuk lembut dan amis, anda bisa menggunakan ikan sarden, ikan lele, ikan peda dll, yang digunakan sebagai pelengkap adonan umpan anda. Ingat jangan sampai terlalu amis buat sedang-sedang saja, soalnya kalau terlalu amis ikan mas juga ga mau makan, begitu juga dengan umpan wangi upayakan buat dalam takaran yang cukup, umpan wangi bisa menggunakan daun pandan atau lainnya yang banyak dijual di toko pancing.

Pada saat memasukkan/menempelkan umpan pada kail jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil alias sedang-sedang saja kira-kira seukuran mulut ikan mas dan dibulatkan seperti air menetes. Ikan mas mempunyai cara makan yang tidak seperti ikan lele, bawal, mujair, cara makan ikan mas biasanya dengan cara menyedot makanannya bukan dengan menyambar seperti yang dilakukan ikan-ikan lain. jadi usahakan umpan dibuat dengan lembut wangi/amis dan jangan sampai terkena angin, panas agar kualitas umpan anda tetap baik.


Nah buat yang mau coba memancing ini ada resep untuk membuat umpannya ;

Bahan-bahannya :

  • 1 saset susu bubuk dancow ukuran kecil (warna putih)
  • 1 bungkus santan kara 1 ukuran kecil
  • 4 butir telur (diambil putihnya) 
  • 1 ons kroto (wajib ada)
  • Ikan tuna/sarden/deho
  • daun pandan 3 lembar
  • Pengeras
 Cara buatnya :
1 saset susu dancow, santan kara pakai secukupnya, 4 butir telor diambil putihnya, kroto dan 3 lembar daun pandan, semua bahan  dicampur jadi  satu kecuali pengeras (belakangan) semua bahan diaduk hingga rata, lalu dikukus selama kurang lebih 15 menit, selanjutnya biarkan sampai dingin, setelah dingin campurkan ikan tuna/deho kalengan sedikit demi sedikit diambil ikannya dan setelah itu tinggal ditambah pengeras secukupnya, aduk hingga rata dan sampai lembut.
setelah lembut umpan siap digunakan......
selamat mencoba, jangan lupa berdoa dan mudah-mudahan keberuntungan ditangan anda.


109 komentar:

  1. Bagaimana dg hasilnya.... Apakah resep umpan diatas bs digunakan di semua jenis air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah memuaskan, bisa (sudah di coba di air agak kehijauan dan air coklat)

      Hapus
    2. Ikan mas ditempat ane doyannya terasi bos..

      Hapus
    3. om irwan >> jgn lupa pake jambu batu sm gowok yaaa.. :) just kidding om

      Hapus
    4. salam bg Ali,bg Pengeras apa namanya,dan dmna belinya ?

      saya mau coba d daerah saya,Khususnya Medan...

      Hapus
  2. setuju dengan pendapatandi...??
    apaumpan tersebutbisadi gunakan semua air

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa and biar ga penasaran dicoba aja, jgn lupa kroto banyakin.

      Hapus
  3. patut di test nih bro, ane juga punya beberapa resep umpan nih umpan jitu dan simpel pasti mantap klik sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke semoga bermanfaat, terus saling berbagi.....

      Hapus
    2. Link nya ga bisa dibuka mas...

      Hapus
  4. ada g yg murah tpi jitu,abisnya w mancing lomba g dpat2

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, pakai 4 butir telur (putihnya saja), 1 bungkus susu dancow ukuran kecil (warna putih), kroto 2 ons, pengeras. semua dikukus kecuali pengeras belakangan...umpan putih siap digunakan.

      Hapus
    2. telur nya apa telur bebek apa ayam ?? trus klo pengeras maskdnya apa kinoy bukan ?? mksh sblumnya bang ali

      Hapus
    3. ya klo ane pakenya telur ayam, and pengerasnya kinoy, oke

      Hapus
  5. kroto cuma ngerusak ikan yang ada dikolam, mungkin ada referensi lain selain pake itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaa....coba aja pakai udang,ambil dagingnya saja, selanjutnya dikukus dicampur dengan adonan yang ada,

      Hapus
  6. bos mau nanya dong kalau umpan ikip ama uso itu apa ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh...., jagan2 buat umpan galatama lele kali ya, he..he...he...

      Hapus
  7. gw mau coba diciapus bogor, kira-kira bereaksi kaga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia coba aja ga ada salahnya, biasa kalo mancing ke tempat yang berbeda biasanya kebiasaan makan ikan juga beda and aneh-aneh, hee..he....mudah2 berhasil.

      Hapus
  8. Mantabs broooo.....

    ini nambah Elmu, bisa diaplikasikan neeh... ;-)

    BalasHapus
  9. thanks infonya gan..mantappp :)

    BalasHapus
  10. Umpannya cocok bwt cuaca ap???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah pernah dicoba waktu hujan, pas ditaruh ga lama langsung disambar....

      Hapus
  11. bagus nih sering saya pake tp sy ga pake deho...pengerasnya pake katulampa
    di jamin joran melengkung terus...klo blm dapet bom aj terus pada 1 titik

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantab, terus berbagi....

      Hapus
    2. umpan ini ga perlu deho yak. trus ku mo tanya katulampanya yg gmana.skrg banyak modelnya c. thk ya wat jwbanya.

      Hapus
    3. katulampa yg labelny ada huruf K

      Hapus
  12. Nnti dh ane coba resep ini

    BalasHapus
  13. mau tganya klo umpan buatan ikan tawez yg amouh ap y????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat aja kebiasaan makan ikan di situ, biasanya cukup pke pelet udah bisa, emang buat mancing ikan tawez agak2 susah ga boleh berisik, ikannya sensitif....

      Hapus
  14. lebih bagus lagi kalo pake daging ikan mas tuh...bahan2 nya cukup bagus..cuma lebih bagus lagi kalo ditambah keju , mentega dan ditambah perangsang D13 dan halco lebih dahsyattt..tapi telornya pake yang kuning nya aja...

    BalasHapus
  15. ..akan saya coba resep ini ditempat biasa saya mancing di daerah subang,jabar. moga2 "CLOM-GIRIWIL" [ istilah pemancing2 disubang klo umpannya langsung disangkut ikan, hehehe..] tolong klo ada resep2 yg lain, terimakasih dan salam sejahtera buat semua rekan2 pemancing...

    BalasHapus
  16. mancing intinya harus sabar apa pun itu umpan nya.. hehehehhe
    tapi resep2 di atas boleh juga di coba
    Thanks Gan

    BalasHapus
  17. OM KLO PAKE pellet 99 yg bungkusan bkn yg Kiloan bagus ga om tuk umpan ikan mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus, tapi baiknya campur ikan sarden maya, jangan lupa diseduh air panas dan bumbunya/airnya dibuang, semoga berhasil.....

      Hapus
    2. Bos stu biasa pake d daerah mana klau buat d bandung bgus gk ?

      Hapus
  18. klo ane biasa pke pelet campur croto sama jajanan bocah yg 500an gerry rasa vanila di gerus mpe rata. tpi bkn cma itu doang ane juga ga lupa seblum kail di lempar di kasih mantra dulu DUT SRUDUT MANCING DI LAUT DPT IKAN YG GENDUT DI TARIK SRUDUUUUUUUUUUUUUTTT ludahin kail nya lalu lempar alhmdllah dpt nya gede2. tpi resep saudara bkn maen ane trtarik ane akan coba mksh..

    BalasHapus
  19. Salam gentak,,
    Sy sering tanya dan sharing umpan mancing ikan mas yg jitu. sebenernya semuanya kembali kepada kita.. belajar dari awal.. memantau suhu air,,melihat jenis air,,dan menerka cuaca saat ingin berangkat tempur....umpan spt yg di anjurkan oleh Bang Ali cukup baik,tinggal kita belajar lagi untuk takaran porsinya agar tdk over amis/wangi..sehingga ikan tidak ragu lagi dan langsung lebb menelan umpan kita..serta meminimalis terjadinya mocel.
    berikut ini sy coba berbagi info umpan yg biasa sy pakai dan hasilnya cukup memuaskan,khususnya di wilayah depok dan bogor.
    1. 1 bungkus sohor 99 vanilla
    2. 1 bungkus tepung kroto
    3. 2 butir telur bebek ambil kuningnya sj
    4. setengah saset susu dancow
    5. setengah kaleng deho
    6. setengah ons kroto
    7. 1 helai daun pandan
    cara membuat :
    masukan kedalam wadah adukan 1 gelas air putih hangat, lalu tuangkan sohor,tepung kroto,telur bebek,susu dan deho lalu aduk sampai rata. setelah itu masukan kroto dan daun pandan.
    kukus jgn lebih dari 25 menit.
    jika perlu tambahkan pengeras.
    belanja umpan ini sekitar Rp. 25.000,- saja .. murah bukan??
    SELAMAT MENCOBA.. HATI2 JORAN PATAH .. :) ..

    jangan lupa BERDO'A sebelum berangkat..
    MOTTO DARI SAYA :
    " MEMANCING MELATIH KESABARAN DAN MENJUNJUNG TINGGI SIFAT SPORTIFITAS "

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    2. mas d daerah saya medan tepung kroto sulit di dapat..
      kalau pakai tepung terigu bsa gk ya?

      Hapus
  20. mantab bosss udah saya cobain ternyata berhasil

    BalasHapus
  21. Ane mau nnya, Ane selalu gagal dlm mengukus, untuk mengukus semua bahan2 dgn suhu air mendidih butuh waktu brp lama ya ? coz terkadang waktu 15 menit umpan yg d'kukus masih agak encer & terkadang malah matang, lalu hasil'a ane hanya dpt 2-3 ekor ikan mas, bahkan pernah seharian tidak dpt ikan sama sekali,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin airnya kebanyakan atau klo ga ditambah susu bubuknya aja biar aga kental, dlm mengukus biasanya 15 sd 20 mnt sudah cukup, oh ya jgn lupa kebiasaan makan ikan juga suka berbeda dari tempat satu dng tempat lain, ganti resepnya aja, resep dari bang hardianto patut dicoba, siapa tau berhasil....terus saling berbagi.

      Hapus
    2. buat bang terry.. mengukus sebaiknya menunggu air mendidih,baru masukan umpan.. kurang lebih 10 menit balik umpan tersebut, lalu di lanjut mengukus lagi 10 menit..sy rasa tingkat kematangannya sudah baik..jika umpan terlalu lembek bs di campur kinoy / katulampa..selamat mencoba.. utk Bang Ali.. jempol dua krn sdh bnyak memberi masukan,dan menjadi pembelajaran yg baik utk saya khususnya. :)

      Hapus
  22. Mantaaapp, makasih info'a, Ane akan cb sekali lg coz ane penasaran knp selalu gagal dlm mengukus, sedangkan ane hobi sekali memancing ikan mas..

    BalasHapus
  23. Wah kebetulan ada yg berbagi resep umpan mas, perlu di coba nih coz saya tergolong masih baru dalam hal memacing ikan mas, dan masih bingung untuk masalah umpan..
    saya mau nnya, paikin biru gunanya untuk apa ya ? coz saya di tawari paikin biru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. membuat ramuan menggunakan umpan pa ikin biasanya orang suka sebut sebagai umpan putih..bisa di buat wangi,bisa juga di buat amis..tergantung air dan kebiasaan makan ikan di empang yg akan kita pancing.
      sebab terkadang hanya pelet + telur asin + sarden sudah buat kita kewalahan.. di tambah badan lagi anget..dapet ikan ga berkringet.. :)

      Hapus
    2. owh pa ikin itu umpan juga, air ditempat saya mancing agak kehijau2an, resep dr bang ali & bang hardianto mantaap, joran saya hampir patah coz melengkung trs, 29 ekor saya dapatkan2 dr jam 9 - jam 4 sore, 2 jempol u/ bang ali, & 2 jempol juga buat bang hardianto..

      Makasih atas resepnya.. :)

      Hapus
    3. sy nyoba umpan mas hardianto main lomba kecil tiket 150 ribu di daerah cinere jakarta selatan,Alhamdulillah dpt juara 2, ikan rame dpt 16 ekor, ikan pita dapat 7 ekor,super 2 ekor, masing2 1,9 kg dan 1,6 kg .. juara pertamanya 1,92 kg..tipiis sih..tapi engga apa2..lumayan bw pulang total 25 ekor dan uang 400 ribu..
      trims yaaa..

      Hapus
    4. Wah mantaaapp donk, udah dpt ikan banyak, jd juara pula, resep'a memang bener2 manjur, klo ane minggu kemrn penutupan lomba dpt ikan rame 24 ekor, ikan pita 12 ekor, super'a 1 dgn berat 2,70 kg, dpt juara 3, tp alhamdulillah meskipun juara 3, coz pertanda resep'a manjur..

      Muaanntaaapp dachh.. :)

      Hapus
    5. Alhamdulillah kalau memang dapat ikan banyak,apalagi bs sampai juara. jgn lupa tetangganya di bagi ya, smg rejeki anda sekalian bs lbh banyak lagi,, :) .....Aamiin.....

      Hapus
  24. om pke campur sagu ngk..
    pengeras ny bagus apaan om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga usah.....pake aja pengeras katulampa klo perlu pake kroto biar mantabbbbb.....

      Hapus
  25. bang hardianto, sohor 99 vanila itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sohor 99 itu sdh berupa sachet, spt tepung kroto, bs di peroleh di toko pancing .. hanya sj mungkin di daerah tertentu sj yg menjual.

      Hapus
  26. GAN... KLO PAKE PELET CAMPURANNYA APA AJAH????

    BalasHapus
  27. sohor 99 vanilla apaan bang hardianto mau tanya sekalian kalo cara kukus atau beli pengeras dimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. sdh saya jelaskan ke om bayu di atas, hanya toko pancing tertentu yg menyediakan sohor 99, cara kukus biasa spt memasak nasi, biarkan air mendidih dahulu baru masukan umpan. pengeras banyak di jual di toko pancing. smg bermanfaat . :)

      Hapus
  28. Terima kasih share umpanya bro, saya mau bagi pengalaman juga buat yg lainnya kalo penggunaan umpan terkadang di pengaruhi cuaca dan waktu, misalnya pagi cenderung lebih manjur pake umpan wangi dan siang pake umpan amis, untuk share umpan ikan mas yang murah meriah dan jitu ada lagi:
    1. 1/2 bungkus paikin biru
    2. 3 butir telur ayam negri (putih dan kuningnya dipake)
    3. 1 ons kroto
    4. 3 lembar daun pandan
    5. 1 bks santan kara kecil
    6. 1 saset susu bubuk dancow
    7. 10 tetes esense tengiri
    8. 1 kotak kinoy hijau
    Caranya:-
    Semua bahan 1 sd 7 di masukkan kedalam kantong plastik bening ukuran 1/2 kg dan di campur sampe merata lalu diikat dengan benar, selanjutnya dikukus di air mendidih selama 10 menit. Selanjutnya setelah matang dapat di campur dengan 1 kotak kinoy hijau dan diaduk merata,jangan lupa daun pandannya dibuang dulu sebelum diaduk, siap digunakan. O iya utk menggunakan kroto yg suka dijual di tempat penjual burung atau tempat pancing biasanya dalam kondisi lembab atau basah, dan sering berbau, hal ini sering mengakibatkan ikan lari menjauhi umpan kita. Untuk mengatasinya sebelum kroto tadi dipakai terlebih dulu kita seduh dengan air panas sebanyak 3 kali berulang ulang, baru dicampur dgn bahan lainnya, selamat mencoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam jurgan maaf klo kroto rusak utk ikan,sy dh coba ,kira"pnegganti kroto apa ya???

      Hapus
  29. saya mau coba besok om terima kasih ijin tes bang ali

    BalasHapus
  30. Ane mau nnya nih, tiba2 umpan yg telah d'kukus knp banyak airnya ya ? umpan ane peres keluar air, umpan jd maur n ga nempel..
    apa ada solusinya,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilih plastik yg tahan panas,sehingga tdk meleleh dan air tdk masuk ke dalam plastik. :)

      Hapus
  31. Om herdianto ane mo nanya,, pengerasny klo pke kinoy kristal bgs g??? Trz klo pke katulampa bgsny yg tawar pa yg wangi y om,, mhon penjelasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. umpan yg saya buat lebih baik menggunakan kinoy kristal, coz katulampa dpt merubah aroma umpan.

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  33. Umpannya tahan berapa lama mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gak habis sekali pakai,bs di simpan di kulkas taruh di frisher, biasanya sy sampai 1 bulan lebih msh bs di gunakan..

      note : di frisher ya..

      Hapus
  34. pengeras umpan nya beli di mana , merek nya apa gun

    BalasHapus
  35. Saya baru mulai mencoba mancing Ikan Mas di Pekanbaru, Kalau boleh tahu biasanya pakai mata kail nomor berapa mas ? karena kemaren saya pakai mata kail nomor tujuh, banyakan lepasnya dari dapatnya Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pakai kail merk gamakatsu no 3 .. itu bisa di pakai utk ikan ramai dan ikan super..smg lbh nyosss nariknya,, :)

      Hapus
  36. he..he..hee.....abah pingin nyoba juga.......hatur nuhun ahh..!

    BalasHapus
  37. joran kranggan13 Oktober 2013 22.48

    bang Ali sm bang hardianto ,,ane kagum bgt sm ente berdua ,ane angkat 4 jempol,jempol kaki sm jempol tangan ,,ane julukin mbah pembuat umpan ikan mas yee,,

    buat abang berdua, klo essen tengiri ane ganti belut yg Udah ane kukus, menurut ente berdua gmn bang,,??
    bedanye Apaan bang,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah memakai essen om, tp sy pernah menggunakan belut kukus + pelet jitu, cm mungkin karena kondisi empang hasilnya kurang maksimal.

      Hapus
  38. joran kranggan13 Oktober 2013 22.57

    buat abang2,,jgn Lama2 yee kasih komentarnye,,ane Udah gatel nih megangang joran ,,ntar klo dpt bnyk, ane bukusin dah pepes ikan mas nya,, dilllll yee,,

    BalasHapus
  39. mas bro,pengeras itu bentukx spti apa dan bisa dibeli dmana? aku gak ngerti samasekali soal umpan mancing pelampungan tapi bapak aku minta dibikinkan umpan nih, kalo glosoran sih lumayan punya nama di banjarmasin mas hehe, tlng dibantu mas,tq iwan bagus bjm

    BalasHapus
    Balasan
    1. bilang saja beli kinoy di toko pancing,,bentuknya bubuk, seperti indomi yg sdh di haluskan..msih banyak jenis pengeras lainnya yg bisa langsung di tanyakan di toko pancing,,suksess yaa

      Hapus
  40. salam gentak
    mau nanya klo untuk dehonya 1 kaleng gede pa kaleng kecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk umpan yg sy upload dehonya setengah kaleng yg besar om vicky

      Hapus
  41. Low ga ada sohor 99 vanila gantinya apa ya mas hardy???? Cos ud keliling pasar ga dapat tuh... Maklum daerah perdesaan... :)

    BalasHapus
  42. ok makasih om tas infonya.....

    BalasHapus
  43. mas hardiyanto saya izin coba test umpannya ya?
    mau tanya mas umpannya cocok di kolam yang ada blowernya ngga?
    mohon infonya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya setau saya kalau mancing ikan mas pasti tersedia blower,,baik blower bawah atau dari peralon atas ..

      Hapus
  44. Bang ali dan bang hardiyanto....thanks infonx....sy mau coba resep ini...

    BalasHapus
  45. mancing itu kayak berak, tunggu ngebet, mancing pakai tai tambah kinoy, cukup.. jgn jijik, kalo jijik main boneka aja.. dijamin mancing resep ini sangat jitu.. tambahkan kinoy sampai tai tak tercium.. wkakakakak parah,, parah,, parah... yg nanggepin ini pasti juara.. ikan apa saja makan.... 2a939af2 pin bb saya (dapet dr lomba) hahaha ( kalo mau umpan2 jitu, bayar) itu td umpan gratis (mental tinggi )

    BalasHapus
  46. Bng ali bagi resep umpan pelet sma umpan putih yg mantap dong, maf ni sebelum'a soal'a saya baru prmancing pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja :
      1. Pelet 2 bungkus
      2. Ikan Peda 2 ekor
      3. Kroto

      caranya :
      kukus ikan peda sampai masak dan ambil dagingnya, kepalanya kasih kucing aja, kemudian masukan ikan peda tadi kedalam mangkuk atau wadah lain, aduk dan campurkan dengan pelet, tambahkan air hangat dikit demi sedikit aduk sampai pulen, kalau kroto terserah anda apakah mau dicampur atau di tutul, umpan siap digunakan.....semoga bermanfaat

      Hapus
    2. tambahan utk peda ditambah minyak wisman sama kemiri tp ini umpan wat ikan jaruh juragan (ikan bahro) &ikan bawal,lele klo utk ikan mas kurang pas

      Hapus
  47. Buat bang ali,, untuk dehony itu pakai yg kaleng besar atau kecil,,' di tunggu pencerahanny

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah bang rahmat aja yang penting pemakaiannya sesuai kebutuhan dan secukupnya

      Hapus
  48. Dah ane coba usulan bro ali dan hardiyanto, ternyata boncos

    BalasHapus
    Balasan
    1. he...he.....bang ahmad husni sabar ya, mungkin belum jodoh eh belum beruntung, coba lain kali dgn umpan yang sama, klo masih boncos juga coba ganti dgn resep yang lainnya, mudah2an keberuntungan bersama bang husni....

      Hapus
    2. Iya kali yak... Lagi ga hoki, minggu tgl 2 mo ane coba lagi dgn umpan yg sama.

      Hapus
    3. semoga x ini dapat lapak bagus dan pulang gak bawa korang kososng..hihihhiii....good luck bro

      Hapus
  49. umpan jitu paling mantap untuk daerah baduy ada yang murah bos yaitu PUTASO yang agak kenyang + kroto 1 ons

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus saling berbagi, semoga menjadi amal kebaikan.....

      Hapus
    2. Bang Ali..telurnya...Ayam negri atau Bebek..mohon saranya..makasih

      Hapus
  50. saya ingin mencoba ckup mnarik, saya jg pemula hhheeu
    mau tanya ma bang @hardi apa jitu umpan ikan yg di sarankan, klo empang ga da blower apa bisa jitu umpan ?? sblumnya terima kasih ;)

    BalasHapus
  51. wah boleh d coba tuh umpan. pa lagi wilayah sy depok. thanks berat buat bro ali & bro hardiyanto smg sukses.Salam kenal..!!!

    BalasHapus
  52. Tengkyu Bang Ali n Bang Hardi Ogut juga pemula mo nyoba resep Abang b2

    BalasHapus
  53. Bang pake kinoy apa?tlng bls y bang...

    BalasHapus