Rabu, 22 Oktober 2014

ZIKIR SETELAH SHOLAT MAGHRIB DAN SUBUH




Ketika kita sholat berjamaah di masjid maupun dimushola, sering kita melihat banyak jamaah yang setelah selesai melaksanakan/mendirikan sholat fardhu secara berjamaah, ketika sholat telah dilaksanakan dan imam selesai mengucapkan salam yang dilanjutkan dengan rangkaian zikir, jamaah banyak yang langsung meninggalkan imam atau tidak ikut zikir bersama imam, mungkin karena ada urusan/keperluan yang lebih penting sedang menanti ataukah memang tidak suka atau tidak terbiasa dengan zikir, atau karena alasan lain, maka berdasarkan pengalaman itulah ane buat tulisan zikir ini sebagai bahan amalan kita sehari-hari setelah sholat baik dilakukan secara berjamaah maupun ketika sholat sendirian, jika dilakukan secara berjamaah dipimpin oleh imam suara imam agar dikeraskan namun tidak melampaui batas (pertengahan) hal ini untuk memberi pelajaran/pendidikan kepada anak-anak yang juga ikut sholat berjamaah, namun jika sholat sendirian baiknya diucapkan secara perlahan/pelan.  Allah SWT telah memerintahkan kepada kita untuk selalu ingat kepadanya, ingat disini bisa diartikan melalu zikir dengan menyebut, memuji, mengagungkan nama-Nya, diantaranya adalah melalu firman-Nya  :
فَٱذۡكُرُونِيٓ أَذۡكُرۡكُمۡ وَٱشۡكُرُواْ لِي وَلَا تَكۡفُرُونِ ١٥٢

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku (Al-Baqarah :152)

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱذۡكُرُواْ ٱللَّهَ ذِكۡرٗا كَثِيرٗا ٤١ وَسَبِّحُوهُ بُكۡرَةٗ وَأَصِيلًا ٤٢

Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya”, “Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang” (Al-Ahzab ; 41-42)

فَإِذَا قَضَيۡتُمُ ٱلصَّلَوٰةَ فَٱذۡكُرُواْ ٱللَّهَ قِيَٰمٗا وَقُعُودٗا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمۡۚ فَإِذَا ٱطۡمَأۡنَنتُمۡ فَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَۚ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ كَانَتۡ عَلَى ٱلۡمُؤۡمِنِينَ كِتَٰبٗا مَّوۡقُوتٗا ١٠٣

Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (An-Nissa : 103).
Masih banyak dalam Al-Qur’an perintah untuk berzikir/mengingat Allah SWT, mudah2an dengan sedikit ayat yang disampaikan disini bisa menjadi renungan dan bahan instropeksi diri, apakah kita sudah menjalankan perintah-Nya atau malah melalaikannya.
Walaupun sudah banyak yang menulis tentang rangkaian zikir, namun tidak menjadikan kita untuk tidak  berbagi, mudah2an dengan banyaknya tulisan tentang rangkaian zikir akan menambah dan memudahkan dalam pencarian amalan zikir setelah sholat.
Berikut video dan teks rangkaian zikir setelah sholat maghrib dan subuh ; http://youtu.be/v_PQhNosjjc
Ketika selesai salam “Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh” (Semoga kesejahteraan dan rahmat Allah
tetap ada pada kalian semua) (tengok kanan dan kiri) dan posisi duduk tetap dalam duduk tasyahud akhir/tahiyat terakhir.
-    Membaca hamdalah “Alhamdulillahirobbil aalamin” (segala puji bagi Allah,Tuhan semesta alam) dilanjutkan mengucap istighfar
-          Astaghfirullaahal adziim...3x (aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung)
-       Alladzii laa ilaaha’illaa huwal hayyul qoyyuum wa’aatuubu ilaih min dzamii’il ma’asyaa wal zunuub laa hawla walaa quwwata illaa bil’laahil aliyil adziim. 1x (yang tidak ada Tuhan selain Allah yang hidup kekal lagi berdiri sendiri dan aku bertobat kepadaNya dari semua kesalahan dan dosa tidak ada daya dan upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung).
-      Laa ilaaha illollohu wahdahuu laa syariikalah, lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumiitu wahua alaa kulli sya’in qodiir…10X (tiada Tuhan selain Allah, yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. bagiNya memiliki kerajaan dan puji. Dialah yang menghidupkan dan mematikan dan dialah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu)
-          Allohumma adzirni minannaar...3x (Ya Allah lepaskanlah aku dari azab neraka)
-        Allohumma antassalaam waminka salaam wa’ilayka ya’uudussalaam fahayyina robbana bissalaam  wa adhilnal jannata daarossalaam tabaarokta robbanaa wata’alait yaa dzal dzalaali wal ikroom...1x (
-          Merubah posisi duduk, dari duduk tasyahud akhir/tahiyat terakhir ke duduk sila, dilanjutkan membaca
-          Audzubillahiminasyaitoonirrodziim (aku berlindung dari godaan setan yang terkutuk)
-          Dilanjutkan membaca surat Al-Fatihah...
-          Membaca Surat Al-Ikhlas...3x
-          Membaca Surat Al-Falaq...1x
-          Membaca Surat An-naas ...1x
-          Allohuakbar laa ilaaha’illollohu walloohu akbar 1x (Allah Maha Besar tida ada Tuhan selain Allah Dan Allah Maha Besar)
-          Membaca Surat Al-Baqarah ayat 284 – 286
-     Dilanjutkan membaca “Syahidallohu annahuu laa ilaaha’illallohu bill qisthi laa ilaaha’illa huwal azizul hakim, innad dinaa inndalloohil islaam, Qulillaahumma maalikul mulki tu’til mulka mantasyaa-u watanzi’ul mulka mimman tasyaa-u wa tu’izzul man tasyaa wa tudzillu man tasyaa-u biyadikal khair innaka alaa kulli sya’in qadiir. Tuulijul laila finnahaari wa tuulijun nahaara fil laili watukhrijul hayaa minal mayyiti watukhrijul mayyita minal hayyi wa tarzuku mansasyaa-u bighairi hisaab” (Allah menyatakan bahwa tiada Tuhan melainkan Dia berdiri dengan keadilan tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Perkasa dan Maha Bijaksana, sesungguhnya agama disisi Allah ialah agama Islam, katakanlah Ya Allah yang memiliki kerajaan Engkau berikan kepada siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau tarik kerajaan itu dari siapa yang Engkau kehendaki Engkau muliakan siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa yang Engkau kehendaki didalam tanganMu semua kebaikan dan Engkau Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu. Engkau masukan malam pada siang dan Engkau masukan siang pada malam hari Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup dan Engkau beri rizki dengan tiada terhingga pada siapa yang Engkau kehendaki tak terhingga tanpa dihisab)
-          Ilaahiya robbi ; (Tuhanku, ya Tuhanku)
-          Subhaanallooh...33x (Maha Suci Allah)
-     Subhaanallohul aliyyul adziimu wabihamdih rooiman ; (Maha Suci Allah, dzat yang Maha Tinggi lagi Maha Agung dan dengan memuji kepadaNya, pujiang yang langsung)
-          Alhamdulillaah ...33x (Segala puji bagi Allah)
-       Alhamdulillahil ladzii laa ilaaha illallohu wallohu Akbar (Segala puji bagi Allah  yang tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar)
-          Allohu akbar..33x (Allah Maha Besar)
-       Kemudian ditutup dengan kalimat “Allohu akbar kabiiro walhamdulillahikasiiro wasubhaanallohi bukrotaw wa’asiilaa laa ilaaha illollohu wahdahuu laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyii  wayumiitu wahuwa alaa kulli sya’in qodiir. (Allah Maha Besar lagi sempurna kebesaranNya segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak serta Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore Tiada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah Yang Maha Esa tiada sekutu bagiNya bagiNya memiliki kerajaan dan bagiNya segala puji dzat yang menghidupkan dan mematikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu).
-          Zikir selesai  “dilanjutkan do’a”

6 komentar:

  1. lebih apdol sesudah solat berdzikir

    BalasHapus
  2. dzikir itu adalah minta pengampunan,rahmat dan kelapangan

    BalasHapus
  3. ALHAMDULILLAH, HATURNUHUN SEMOGA BERMANFAAT

    BalasHapus
  4. jasa pembuatah waterpark, waterboom landscape taman, privatepool, kolam ombak, kolam arus, race slide, boomerang slide,ornaen waterpark dll.
    untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di:

    No.tlp : 081977000899 (dewi)
    office : CV. bahagia sukses makmur
    Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village

    #waterpark #waterboom #landscapetaman #privatepool#raceslide #spiralslide #bowlslide #bomerangslide #ornamenwaterpark

    BalasHapus
  5. If you want to boost your chances of finding your ideal job, having a resume made by resume designers is essential. You can keep and update your resume as needed. We've compiled a list of three of the best resume writing services we've found, as well as some helpful hints on how to select an affordable, professional service. So find resume writer service here

    BalasHapus