Senin, 13 Januari 2020

Bacaan Sholat Jenazah (untuk mayit laki-laki)



Posisi kepala jenazah berada disebelah kanan imam dengan menghadap kiblat. Imam berdiri sejajar dengan kepala jenazah.

1.    Takbir Pertama ; melapalkan niat dan dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah.

Niat sebagai Imam ; usholli ‘alaa haadza mayyiti arba’a takbirotin fardhu kifayah ada’an imaman lillahi ta’alaa.
“saya sholat atas mayit ini (laki-laki) dengan empat kali takbir fardhu kifayah saat ini menjadi imam karena Alloh Ta’alaa”.

2.    Takbir Kedua : membaca sholawat Nabi
Alloohumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammad wa ‘alaa aali sayyidinaa Muhammad, kamaa sholaita ‘alaa sayyidinaa Ibroohiim wa’alaa aali sayyidinaa Ibroohiim, wabaarik ‘alaa sayyidinaa Muhammad wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad, kamaa baarokta ‘alaa sayyidinaa Ibroohiim wa ‘alaa aali sayyidinaa Ibroohiim fil ‘aalamiina innaka hamiidum majiid.
“Ya Alloh limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, beserta keluarganya,sebagai mana telah Engkau limpahkan rahmat kepada junjungan kami Nabi Ibrohim beserta keluarganya, dan berkatilah junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana telah Engkau berkati Nabi Ibrohim dan keluarganya, di alam semesta ini sesungguhnya Engkau Maha Terpuji Lagi Maha Agung”.


3.    Takbir ketiga ; membaca doa bagi mayit
Alloohummaghfirlahu, warhamhu, wa’aafihii wa-fu ‘anhu, wa-akrim nujulahu, wawassi madkholahu,
“Ya Alloh Ampunilah dia, sayangilah dia, sejahterakanlah dia, dan maafkanlah dia, muliakanlah kedatangannya, luaskanlah tempat tinggalnya”,

4.    Takbir keempat ; membaca doa
Alloohumma laa tahrimnaa ajrohuu, walaa taftinaa ba’dahuu waghfirlanaa walahuu, wali-ikhwaaninal ladziina sabaquunaa bil-iimaan walaa taj’al fii quluubinaa ghillalladziina aamanuu robbanaa innaka ro-uufurrohiim.
“Ya Alloh janganlah Engkau halangi doa kami untuk memohonkan pahala baginya, dan janganlah Engkau berikan kami cobaan sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia, dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman, Ya Rab kami sesungguhnya Engkau yang Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang”.

Setelah takbir keempat selesai, maka kemudian mengucapkan salam.
Assalaamu’alaikum warohmatulloh
“semoga keselamatan dan rahmat Alloh terlimpah kepada kalian”.

1 komentar:

  1. Bang.. tolong kirim ke email saya text bahasa arabnya.. trims..

    BalasHapus