Kamis, 19 Januari 2017

MUQADDIMAH ACARA ARISAN KELUARGA

Assalaamu’alaikum wr wb, pada kesempatan ini sya akan memposting muqaddimah atau kalimat pembuka pada saat pelaksanaan acara arisan keluarga, siapa tau kalimat pembuka ini bermanfaat bagi siapa saja yang tiba-tiba pada saat acara arisan keluarga diminta untuk membuka acara atau diminta menjadi pembawa acara pada arisan tersebut.
Susunan acara pada saat pelaksanaa arisan keluarga biasanya berisi  :
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan surat Yaasin, Tahlil dan Doa
  3. Sambutan Tuan Rumah
  4. Sambutan Ketua Arisan
  5. Pengocokan Arisan
  6. Ramah Tamah (makan siang)
Walau kadang juga dalam pelaksanaan  arisan keluarga tersebut tidak menggunakan atau tidak memakai susunan acara seperti diatas, akan tetapi langsung diserahkan ke ustad atau diserahkan ke salah satu orang yang diminta oleh tuan rumah untuk membuka sekaligus memimpin acara pembacaan surat Yaasin, Tahlil dan Doa. Kalimat pembuka dibawah ini mudah-mudahan bisa membantu bagi rekan-rekan yang diminta sebagai  pembawa acara atau untuk memimpin acara, karena tidak jarang ketika seseorang diminta untuk membuka suatu acara sulit untuk berkata-kata dan kadang malah bicaranya jadi ngelantur dan jadi ga jelas apa yang akan disampaikan, nah mudah-mudahan kalimat pembuka dibawah bisa sedikit membantu untuk para pembawa acara, untuk selanjutnya dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Berikut kalimat pembukanya :
Assalaamu’alaikum wr, wb.
Bismillahirahmaanirrahim, Alhamdulillaahirobbil aalamiin, wabihinasta’iin a’laaa umuuriddunnya waddiin, wassolaatuwassalaamu’alaa sayyidil mursaliin sayyidinaa wamawlaanaa Muhammadin wa’alaa aalihi wasohbihi ajma’iin, amma ba’du :
yang sama-sama kita hormati, keluarga besar Bapak……..
yang saya hormati pengurus arisan keluarga besar …………,Bapak-bapak/ibu/sdr/i yang mudah2an kita semua selalu dalam petunjuk dan lindungan Allah SWT.
Untuk mengawali acara pada pagi ini marilah sama-sama kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat, hidayah dan inayah-Nya pada pagi ini kita dapat hadir  dan berkumpul dalam acara arisan bulanan yang pada kesempatan hari ini bertempat di kediaman keluarga besar Bapak…….., mudah2an dengan berkumpulnya kita pada pagi ini selain sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahim, juga semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah SWT. amiin….
Sholawat teriring salam semoga senantiasa selalu tercurahkan kepada Baginda Nabi Muhammad saw beserta keluarganya, para sahabatanya, para tabiit tabiin, dan kepada umatnya hingga akhir zaman.
Bapak-bapak/ibu/sdr/I keluarga besar arisan ……… marilah sama-sama kita awali acara arisan pada pagi ini dengan membaca ummul qur’an, dengan harapan agar kita semua oleh Allah SWT selalu diberikan kesehatan, dipanjangkan umur kita, dimudahkan segala urusan kita, dikabulkan segala doa  dan hajat kita, dan semoga kita semua selalu dalam bimbingan dan lindungan Allah SWT. Aamiin ….
Lirridhoolillahi ta’alaa wabisyafaa’ati Rasulullah saw, al faatihah……..A’udzu billahiminassyaitaanirrajiim
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (١)الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (٢)الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (٣)مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (٤)إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (٥)اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (٦)صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ (٧)Aamiin….
Jika tidak memakai susunan acara tersebut diatas maka setelah pembacaan kalimat pembuka/baca surat Al Fatihah melanjutkan dengan kata-kata, selanjutnya untuk memimpin pembacaan surat Yaasiin, Tahlil dan Doa kami persilahkan kepada Ustad….kepadanya kami silahkan.
Dan jika memakai susunan acara tinggal disesuaikan saja berdasarkan susunan acara yang ada, misalkan ketika pembacaan surat Yaasin, Tahlil dan Doa selesai, maka pembawa acara dapat melanjutkan acara dengan mengatakan “ demikianlah pembacaan suratul Yaasiin, Tahlil dan Doa, mudah-mudahan apa yang telah kita baca mendapatkan pahala dan ridho Allah SWT. Aamiin…
Untuk tahap selanjutnya tinggal disesuaikan, terima kasih semoga bermanfaat……

12 komentar:

  1. Alhamdulillah..Simple tp berbobot...
    Thanks saudara...

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat bagipemula yg mau balajar mukhodimah


    BalasHapus
  3. Alhmdllah.. trm kasih sngat membantu

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah trimakasih insyaallah sangat membantu banget

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah,akan sy praktekkan skalian belajar memimpin tahlil teimakadih

    BalasHapus
  6. Trimkasih dgn ini saya bisa memulai dari mana cara awal UT berpidato d depan bnyak mata tentunya sagt memudahkan lhkah saya yg pertama2baru pertamakali dan yg harus saya utk pidato.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah... Terimakasih sangat membantu saya sebagai pemula

    BalasHapus
  8. Alhamdullilah, Sangat membantu Allohu Akbar

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, Terima kasih,sangat membantu

    BalasHapus
  10. Bagus. Terimakasih ilmu yg diberikan

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah,Sukron Jazakilah Khoir Insya Allah Sangat membantu Sebagai Pembukaan Arisan Keluarga Besar H.Burhan Di Jkt Mtr Pegangsaan Aamiin

    BalasHapus