Selasa, 28 Maret 2017

ADU DOMBA

Adu domba atau mengadu domba  merupakan suatu perbuatan yang menciptakan dua belah pihak antara orang yang satu dengan orang yang lain, antara kelompok satu dengan kelompok yang lain menjadi berselisih, bertengkar atau berseteru. Nah dalam kehidupan  saat  sekarang ini sering kita temui banyak orang  yang suka mengadu domba antara kelompok satu dengan kelompok yang lain, antara agama yang satu dengan agama yang lain, antara satu orang dengan orang lain. Dan perbuatan semacam ini bersifat provokatif (menghasut) agar yang satu dengan yang lain saling bermusuhan. Dalam islam orang yang suka mengadu domba ketika mati akan mendapatkan hukuman yang berat  berupa siksa kubur. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw ; “dari Ibnu Abas ; “Bahwasanya Rasul saw melewati dua makam, lalu bersabda “dua orang penghuni kubur ini tengah mengalami siksaan berat, padahal tidak disiksa akibat sesuatu yang besar. Yang satu sewaktu hidupnya suka mengadu domba, dan yang satunya lagi kurang sempurna mencuci bekas kencingnya. (HR. Bukhari-Muslim).
Mengadu domba merupakan pekerjaan seseorang dengan cara menghasut orang lain/kelompok  lain saling berseteru, berselisih melalui berbagai cara, salah satu  cara yang digunakan adalah dengan cara menyebarkan berita bohong. Maka dari  itu ketika kita menerima suatu berita yang bernada hasutan dengan tujuan mengadu domba, baik dari seseorang yang paling kita percaya maupun dari pihak yang tidak kita ketahui asalnya. Maka sikap pertama yang kita lakukan adalah bersikap tenang, selidiki kebenaran berita yang disampaikan dan jangan sampai terprovokasi. Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Hujurat ayat 6
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ (٦)
“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang Fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (Al-Hujurat ; 6).
Bagi orang yang suka melakukan perbuatan mengadu domba
selain akan mendapatkan sikaan yang berat juga tidak akan masuk surga.  Hal tersebut sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw :”orang yang pekerjaannya mengadu domba tidak bakal masuk surga.”(HR. Bukhari-Muslim). Orang yang mudah terhasut oleh berita bohong bukan hanya akan merugikan orang lain akan tetapi juga akan merugikan diri sendiri, ketika begitu saja percaya kepada berita-berita bohong tanpa meneliti kebenaran berita yang disampaikan tentu pikiran yang pertama masuk kedalam otaknya adalah timbulnya prasangka. Bukankah Allah SWT telah mengingatkan kepada kita agar menjauhi segala macam prasangka. Sebagaimana Firman-Nya dalam surat Al Hujurat ayat 12 ;
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ….. (١٢)
‘Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa…..”. (Al-Hujurat ; 12).
Rasulullah saw juga bersabda “Hati-hatilah kamu, jangan mudah menuduh orang (buruk sangka), sebab hal itu adalah sedusta dusta khabar (khabar bohong terburuk).” (HR. Bukhari-Muslim). Hukuman bagi orang yang suka berprasangka adalah akan ditempatkan Allah SWT di neraka Huthomah. Neraka huthomah adalah azab Allah berupa api yang dinyalakan yang dapat membakar sampai ke hati.
Maka dari itu marilah kita jaga diri kita dari perbuatan-perbuatan buruk yang akan menjerumuskan kita ke neraka dan mohonlah selalu perlindungan kepada Allah SWT agar kita senantiasa selalu terhindar dari perbuatan jahat dan suka mengadu domba.
Allahumma inni as alukal hudaa wassadadaa. “Ya Allah sungguh aku mohon kepada-Mu pentunjuk dan kebenaran” Aamiin….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar