Selasa, 08 Maret 2011

HARI-HARI BESAR AGAMA ISLAM


HARI-HARI BESAR AGAMA ISLAM

1.       NUZULUL QUR’AN yang diperingati pada setiap tanggal 17 Ramadhan, merupakan hari peringatan diturunkannya dan disampaikannya firman-firman Allah kepada Nabi Muhammad saw dengan perantaraan malaikat Zibril. Firman-firman Allah ini  kemudian dihimpun menjadi kitab suci Al-Qur’an yang berisikan kalam ilahi. Peristiwa di sampaikannya firman-firman Allah ini disebut pula “malam lailatul qadar”.

2.       HARI RAYA IDUL FITRI disebut pula
hari raya lebaran yang diperingati pada tanggal 1 syawal. Hari raya lebaran adalah hari bersyukur dan hari kegembiraan setelah kaum muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh pada bulan ramadhan, berpuasa adalah latihan agar manusia jadi mulia hatinya dan tinggi budinya. Selesai berpuasa pada tanggal 1 syawal orang kembali menjadi fitrah, kembali suci dan bersih, saling bermaafan. Pada pagi hari tanggal 1 syawal kaum muslimin melakukan sholat ied secara berjamaah bersama di masjid atau tanah lapang.
3.       HARI RAYA IEDUL ADHA yang disebut pula Idul Qurban diperingati pada tanggal 10 zulhijjah (bulan 12 hijriyah) bahkan sering disebut lebaran haji. Pada hari ini orang islam mulai mengerjakan ibadah haji di Mekkah, disamping itu dimana-mana di seluruh dunia  orang Islam mengerjakan sholat hari Raya Iedul Fitri. Zakat fitrah dig anti dengan ibadah qurban dengan menyembelih hewan ternak untuk dibagikan kepada orang-orang fakir miskin. Ibadah haji menggambarkan bahwa hanya dengan menempuh penderitaan dan pengorbanan, orang akan sampai kepada cita-cita yang luhur dan mulia.

4.       HARI PERINGATAN 1 MUAHARRAM ATAU 1 ASYURA adalah merupakan hari pergantian tahun atau tahun baru tarikh hijriyah.

5.       HARI PERINGATAN MAULID NABI yang diperingati pada tanggal 12 Rabi’ul awal, yaitu merupakan hari peringatan kelahiran Nabi Muhammad sekaligus tanggal tersebut adalah hari peringatan peristiwa Hijrah Nabi dari Mekkah ke Madinah serta peringatan wafatnya Nabi Muhammad saw.

6.       HARI PERINGATAN ISRA DAN MI’RAJ diperingati setiap tanggal 27 Rajab (bulan ke 7), peristiwa Isra adalah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad dan Masjidil Haram (Masjid suci) di Mekkah ke Masjidil Aqso di Yerussalem. Peristiwa Mi’raj adalah kenaikan Nabi Muhammad dari Masjidil Aqso menuju ke sidratul muntaha untuk menerima tugas. Kedua peristiwa ini berlangsung dalam satu malam, perjalanan arti dan hikmah dari peringatan Isra dan Mi’raj adalah : ‘diterimanya perintah sholat lima waktu dalam sehari semalam, yaitu Isya, Subuh, zuhur/lohor, Ashar dan Maghrib, kesemuanya ini adalah tauhid karena kekuasaan Allah swt semata.

7 komentar:

  1. mksh atas info'a.....
    tugas q akhirnya jd lbh mudah.....

    BalasHapus
  2. maksihh yaaaa .. bermanfaat bgtzzz

    BalasHapus
  3. Terimakasih banyak ya tugas saya jadi lebih cepat selesai

    BalasHapus
  4. makasi atas infonya..manfaat banget.

    BalasHapus
  5. mkasih infonya kak manfaat bnget :)

    BalasHapus
  6. makasih y buat info yg bermanfaat ini

    BalasHapus