Selasa, 08 Maret 2011

KEPRIBADIAN



Pribadi artinya perorangan, keseluruhan sifat watak manusia, kepribadian berarti keseluruhan sifat watak manusia yang baik maupun yang buruk, kepribadian disebut juga karakter, watak atau diri pribadi.

Dalam islam kelakuan, tabiat, tingkah laku  manusia disebut dengan “Akhlak”. Perkataan akhlak dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Arab akhlaq, bentuk jamak kata khuluq atau al-khulq, yang secara etimologis antara lain berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabi’at. Akhlak dapat diartikan juga sikap yang
melahirkan perbuatan, perilaku, tingkah laku yang mungkin bisa baik, mungkin juga bersifat buruk.
Pembentukan karakter, watak atau diri  pribadi kearah yang baik atau buruk ditentukan oleh berbagai faktor, terutama faktor orang tua dalam keluarga maupun lingkungan sekitar dimana seseorang tinggal.

Kepribadian seseorang akan tercermin dari tingkah laku dan tutur kata, ucapan dan amal perbuatannya. Kepribadian seseorang sangat di pengaruhi oleh faktor kejiwaan, agama, biologis, pendidikan serta lingkungan dimana ia bertempat tinggal.
Kepribadian seseorang merupakan perpaduan kejiwaan dan badaniyah yang nampak dalam gerak tingkah laku perbuatan yang serba rumit, serba sulit, serba unik untuk dapat di ukur secara nyata.

Cirri-ciri kepribadian yang baik :

1.    Adanya pengendalian diri/pengendalian hawa nafsu
2.    Adanya mawas diri atau instrospeksi diri
3.    Jujur dalam sikap dan perbuatan

Kepribadian yang dapat dijadikan contoh adalah kepribadian  Nabi Muhammad SAW yang memiliki kepribadian terpuji dan memiliki jiwa kepemimpinan. Sebagaimana yang tertulis dalam Al Qur’an yang berbunyi :
“ Maka karena rahmat dari Allah, engkau bersikap lemah lembut terhadap mereka, sekiranya engkau berlaku keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu.”( QS Ali Imron : 159)
“Sungguh pada diri Rosulullah itu teladan yang baik bagi kamu, bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan hari kemudian dan banyak mengingat Allah.” (QS. 33/Al Ahzab : 21)
“Dan sesungguhnya engkau memiliki akhlak yang mulia,” (QS. 68/Al Qolam : 4).

Perkataan akhlak/budi pekerti dihubungkan dengan perangai, kata budi pekerti mengandung arti yang lebih dalam karena telah mengenai sifat dan watak yang dimiliki seseorang, sifat dan watak yang telah melekat pada diri pribadi, telah menjadi kepribadiannya.
Kalau perkataan budi pekerti di hubungkan dengan akhlak kedua-duanya mengandung makna yang sama. Baik budi pekerti maupun akhlak mengandung makna yang ideal, tergantung pada pelaksanaan atau penerapannya melalui tingkah laku yang mungkin positif, mungkin negatif, mungkin baik, mungkin buruk.

Keutamaan berbudi pekerti yang luhur sebagaimana firman Allah SWT “Wainnaka la’alaa khulukin adziim” artinya : Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung”. (QS. Al-Qalaam : 4).
Aisyah ra berkata ;”Akhlak Rasulullah saw adalah Al-Qur’an”. Seorang laki-laki bertanya kepada Rosulullah saw tentang kebaikan budi pekerti. Lalu beliau membaca firman Allah swt yang artinya : “Jadilah engkau pemaaf dan serulah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah daripada orang-orang yang bodoh.” (QS.Al-A’raf : 199).
Kemudian beliau bersabda “yaitu, hendaklah anda menyambung orang yang memutus hubungan dengan anda, memberi orang yang menghalangi anda dan memaafkan orang yang menganiaya anda.” Nabi Muhammad saw bersabda : “In’namaa buitsu li’utimma makaarimal akhlaq” artinya : sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan budi pekerti yang luhur.

Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik/bahagia dan sesungguhnya akan kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS. An Nahl 16:19).

Untuk dapat selalu berbuat baik hendaknya seseorang :

1.    Senantiasa ingat kepada Allah swt.
2.    Senantiasa ingat akan kematian
3.    Senantiasa menjalankan perintah Allah swt
4.    Senantiasa menjauhi larangan Allah swt
5.    Senantiasa bersyukur atas nikmat Allah swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar